Skip to main content

Mmbahas kalimah بسم الله الرحمن الرحيم



  assalamualaikum wr.wb

 ibtidaiyaah.blogspot.com sprti biasa saya disini cuman ingin berbagi ilmu shorof(صرف) yng mana akan membahas kalimah بسم الله ba (باء) yng ada di dalam kalimah بسم الله tidak ketrapan sama ilmu (صرف)  sebagai mana yng ada di dalam kitab الفية ابن مالك

حرف وشبهه من الصرف بري #  وما سواهما بتصريف حرى

 asal dari kalimah ismi (اسم) menurut ulama بصريين itu مصدر yng berlapad سمو

 سما يسمو سموا

yng mana artinya سمو itu (العلو) narima luhur .anapon lapad سمو itu bisa di sebut mu'tal lam ( معتل اللام الواوي)  واعلال سمو حذفت الواو التى هي لام الفعل كما حذفت في يد و دم ثم سكن اوله وهو السين تخفيفا وللإ تيان بهمزة الوصل ثم أوتي بها مكسورة فصار اسم فوزنه افع فهذا من محذوفة العجز

     anapon menurut ulama kupiyiin (كوفيين) asal dari kalimah ismi (اسم)itu isim masdar اسم مصدر 

وسم يسم سمة ووسما

 yng berlapad  وسما mu'tal fa alwawiyi معتل الفاء الواوي ataw suka di sebut بناء المثال ,yang mana artinya وسم itu العلامة artinya itu ciri

 وإعلال سما حذفت الواو التي هي فء الفعل كما حذفت في عدة ثم أوتي بهمزة الوصل مكسورة  فصار اسم فوزنه افل


  di antara قول علماء بصريين dan قول علماء كوفيين yng terpilih menurut  قول المعتمد itu قول البصريين ngambil dari jamak nya lapad اسم yaitu  اسماء اصله أسماو dan ngambil dari tasgirnya تصغيره nya lapad اسم itu  sumayyun سمي اصله سميو

 dalilnya  لأن التكسير والتصغير يردان الأشياء الى أصولها كما قال الناظم

وشتق الأسم من سما  البصريون # واشتقه من وسم الكو فيون

فالمذهب مقدم الجلي # دليله أسماء وسمي

  •Menurut ulama-ulama shorof kalimah/lapad الله itu غير الاصل tidak asal ,yang mana asalnya itu menurut العلماء البصريين dari masdar yng berlapad اِلاَهٌ مثل كتاب yang mana فعل ماضيsama فعل مضارع itu

اله يأله إلاها
      sesudah ilaahun(إلاه) kt datangkn lapad ال alip llam  لتعريف yng menghususkan mangka jadi ألألاه al ilaahu trus sesudah itu buang hamjah yng kedua همزةالثاني  karna kumpul dua hamjah dina kalimah sawiji yng salahsatunya pamisah yng tidak kuwaat  
 
لأجتماعهما في كلمة واحدة بينهما حاجز غير حصين 
     
    sesudah itu pindahin harkat hamjah yng kedua kana sukun yng sebelumnya yaitu lam(لام) jadi alilaahu اَلِلٰهُ trus sukunkn lam anu awal ثم سكن اللام الأولي  karna arah2 rek di idgomkn ,سكون الأولي تحرّك الثاني setelah itu idgomkn lam awal kanu lam kadua ثم أدغمت في الثاني  jadi allahu (اللّٰه) setelah itu وفحمت بعد الضمة أو الفتحة و رقّقت بعد الكسر

     •menurut العلماء الكوفيين asal lapad الله itu لاَهٌ
لاَهَ يلوه لاَهًا
sesudah لاه datangkn alip laam yng menghususkan (لتعريف) jadi اَلْلَهُ trus di idgomkn لام اللأولي الي الثاني lam awal maring lam kadua jadi اللَّه 
 وفحمت أو رقّقت

    والحق أنّه اصلٌ لنفسه فكما أنّ ذاته ترجع الي شيئ فكذلك اسمه

•Anapon lapad الرّحمن dan الرّحيم menurut ulama ahli shorof itu sipat musabahat dari lapad الراحم bab ke 4 pi'il muta'adi yng di pindahin ke bab 6 pi'il laajim dari tsulasi mujarrod ,
   yang mana membuat sipat musabahat harus dari pi'il lajim sebagai mana dalam kitab الفيّة

وصوغها من لازم لحاضر # كطاهر القلب الجميل الظاهر


فأمّا الرحمن الرحيم فهما الصفتان المشبهتان المشتقتان  من مصدر رَحِمَ يَرحَمُ المكسور العين  بعد تنزيله منزلة اللازم ثمّ نُقِلَ  إلى رَحُمَ يَرحُمُ  المضموم العين  لأنّ رَحِمَ المكسور العين  يكون لازما ومتعديا ، وصفة المشبهة لا تُصَاغُ إلاّ من الازم الحاضر


والله اعلم بالصواب

:مذكورة هذا الكتاب  حمد بشرح الفية ابن مالك

wassalamu alaikum wr.wb

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membahas kalimah بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

  ينبغي لكلّ شارع في فنّ أن يتصوّره و يعرفه قبل الشروع فيه ليكون علي بصيرة فيه ويحصل التصوره بمعرفة المبادى عشرة Assalamualaikum wr.wb   ibtidaiyaa.blogspot.com Perlu di ketahui kepada santri² khusunya bagi pemula yng mau belajar pan ilmu nahwu wajib mengetahui mabadi asaroh مبادى عشرة  sebagai mana dalam nadhom kitab ajjurumiyah الجروميّة  إنّ مبادى كلّ فنّ عشرة  #  الحدّ والموضوع ثمّ ثمره  وفضله ونسبة والواضع #  والاسم والأستمداده حكم الشارع مساءل والبعض بالبعض اكتفى  #  ومن درى الجميع حاز الشرفا 1. KHAD(definisi) definisi ilmu nahwu mempelajari beberapa kaidah yang dapat di gunakan untuk mengetahui berbagai hukum kondisi akhir kata bahasa arab yang tersusun dalam suatu kalimah ,baik dalam segi irobanya maupun dalam binanya 2.maudhu (pembahasan) pembahasan dari ilmu nahwu adalah kata berbahasa arab dan pembahasanya berkaitan dengan irob dan bina 3.samroh (hasilnya)  hasilnya dari ilmu nahwu bisa mencegah lisan dari kekeliruan dala...

PASAL 26 : SYARAT SAH MEMBACA AL-FATIHAH

 Assalamualaikum wr.wb فصل : شروط الفاتحة عشرة  الترتيب والموالاة ومراعاة حروفها ومراعاة تشديداتها وأن لا يسكت سكتة طويلة ولا قصيرة يقصد بها قطع القراءة وقراءة كلّ آياتها ومنها البسملة وعدم اللحن المخل بالمعنى وأن تكون حالة القيام في الفرض وأن يسمع نفسه القراءة وأن لا يتخللها ذكر أجنبي • Syarat-syarat yang wajib ketika sedang membaca surat al-fatihah  agar tidak membatalkan sholat  1. Harus tartib dalam artian membaca surat al-fatihah tidak boleh di anjlok  bagaimana semisalkan tidak tertib? mangka wajib harus mengulangi baca'an surat al-fatihah nya  2. membacanya  Trus-trusan tidak boleh  terhenti oleh kalimah-kalimah selain bacaan al-fatihah  bagaimana membacakan kalimah الحمد لله  ketika sedang bersin ? sah-sah saja asal harus di sertai dengan niat dzikir  3/4. Huruf-huruf hija iya dan tasdid yang ada di surat al-fatihah harus terbaca dengan jelas  dalam artian tidak boleh samar membaca mahorijul huruf dsan tasdid ny 5. Jang...

Tata cara membersihkan najis مغلظة، مخففة،متوسطة (mugoladoh,muhopapah,mutawasitoh)

 Assalamualaikum wr.wb  ibtidaiyaah.blogspot.com---Diantara najis-najis yang harus kita perhatikan/bersihkan ya itu najis mugolladoh,muhopapah,mutawasitoh . berikut penjelasan tentang membersihkan 3 najis itu 1. Najis mugoladoh ( air liur ,kotoran air kenciing anjing dan babi ,semua badan anjing dan babi dikala basah) Cara membersihkanya   •buang dulu kotoran anjing/babi semisalkan najisnya kotoran bagaimana kalo bukan kotoran babi/anjing semisalkan air kencing ataw memegang anjing/babi yng basah ? jawab:langsung saja kita membilasnya  • 7× membilas dengan air yang suci tur mensucikan  •salah satu bilasanya harus di campuri dengan tanah yng suci tur mensucikan 2. Najis muhopapah (air kencing bayi yng masih di susui/tidak memakan apapun kecuali air susu ibunya ) Cara membersihkanya  •cukup kita memercikan air ke tempat air kencing bayinya  3. Najis mutawasitoh (kotoran mahluk dll.) NAJIS MUTAWASITOH TERBAGI MENJADI 2   1.عينية (ainiyah najis y...