Skip to main content

Membahas kalimah بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ


 
ينبغي لكلّ شارع في فنّ أن يتصوّره و يعرفه قبل الشروع فيه ليكون علي بصيرة فيه ويحصل التصوره بمعرفة المبادى عشرة

Assalamualaikum wr.wb

  ibtidaiyaa.blogspot.com Perlu di ketahui kepada santri² khusunya bagi pemula yng mau belajar pan ilmu nahwu wajib mengetahui mabadi asaroh مبادى عشرة  sebagai mana dalam nadhom kitab ajjurumiyah الجروميّة 

إنّ مبادى كلّ فنّ عشرة  #  الحدّ والموضوع ثمّ ثمره 

وفضله ونسبة والواضع #  والاسم والأستمداده حكم الشارع

مساءل والبعض بالبعض اكتفى  #  ومن درى الجميع حاز الشرفا

1. KHAD(definisi)
definisi ilmu nahwu mempelajari beberapa kaidah yang dapat di gunakan untuk mengetahui berbagai hukum kondisi akhir kata bahasa arab yang tersusun dalam suatu kalimah ,baik dalam segi irobanya maupun dalam binanya

2.maudhu (pembahasan)
pembahasan dari ilmu nahwu adalah kata berbahasa arab dan pembahasanya berkaitan dengan irob dan bina

3.samroh (hasilnya)
 hasilnya dari ilmu nahwu bisa mencegah lisan dari kekeliruan dalam bahasa arab , memahami hadis dann al-quran

4.nisbat
penisbatan ilmu nahwu dan ilmu yang lainya itu التباين berbeda

5.fadhlu (keutamaan)
keutamaan ilmu nahwu adalah mulyanya paidah

6.wadhu ( pembuat)
pembuat/pencetus ilmu nahwu adalah imam  abu as-wad ad-du'aliy yang di utus oleh sayyidina ali karromahu wajhah 

7.ismi (nama)
 nama ilmu nahwu itu ada 2
 1.ilmu irob
 2.qowaidul irobi dll

8.istimdad (rujukan)
 ada 3 rujukan penting dalam ilmu nahwu
 1.al-quran
 2.hadis
 3.perkataan fasih dari orng arab

9.hukmu 
 hukumnya ngaji ilmu nahwu itu pardu kipayah bagi setiap kampung, akan tetapi bisa jadi pardu a'in/wajib apabila mau mengaji ilmu tapsir dan hadis

10.masalah 
 permasalah ilmu mahwu itu banyak sekali salah satunya pi'il pail ,mudtada khobar dll


•Sesudah membahas pan ilmunya kita lanjut membahas kalmiah  بسملة 
   باء yng ada di dalam kalimah بسم menurut ilmu nahwu bisa dikatakan باء harap jar asliyah (أصلية) bisa باء harap jar jaidah (زاءدة) 
   Sedangkan kalo kita mau mengambil باء harap jar asliyah أصلية mangka mempunyai muta'alaq/Perkaitan yang mana muta'alaq باء yng ada di kalimah بسم  mempunyai 8 wajah , 8 wajah dibagi menjadi 2 bagian ,sebagian muta'alak masuk ke pi'il , sebagian lagi muta'alaknya masuk ke isim 

sebagai mana dalam nadhom 

وكلّ حروف الجرّ بالفعل علّقت  #  أو إسم كشبه الفعل حيث تنزلا

•Bagian 1 muta'alak masuk ke pi'il yang di bagi menjadi 4, 
 
  ×bagian 1 dari  muta'alaq pi'il khos muqodam فعل خاص مقدم محذوفsprti
أُؤَلِّفُ مؤلّفة قوية بحسن نيّة وإخلاص بسم الله الخ

  ×bagian 2 dari muta'alaq pi'il aam muqoddam  فعل عام مقدم محذوفseprti 
أَبتَدئُ بداءة قوية بحسن نية وإخلاص بسم الله الخ

  ×bagian 3 dari muta'alaq pi'il khos muakhor فعل خاص مؤخر محذوف
  بسم اللّه الرّحمن الرّحيم أُؤَلّفُ مؤلفةً قوية بحسن نيّة وإخلاص

  ×Bagian 4 dari muta'alaq pi'il aam muakhor   فعل عامّ مؤخّر محذوف
 بسم الله الرحمن الرحيم أبتدئُ بداءة قوية بحسن نية وإخلاص

•Sekarang bagian ke 2 muta'alaq masuk ke ismi yng di bagi menjadi 4 
  
  ×bagian 1 dari muta'alaq ismi khos muqoddam إسم  خاصّ مقدّم محذوف
 تألِيفِي حاصلٌ به مؤلفةً قوية بحسن نية وإخلاص بسم اللّه الرحمن الرحيم

 ×bagian 2 dari muta'alak ismi aam muqoddam إسم مقدّم عام محذوف
إبتدَاءِي حاصل به بُدَاءة قوية بحسن نية وإخلاص بسم اللّه الرحمن الرحيم

 ×bagian 3 dari muta'alak ismi khos muakhor إسم  خاصّ مُؤَخر محذوف
بسم اللّه الرّحمن الرّحيم تَألِيفِي حاصل به مؤلفة قوية بحسن نية وإخلاض

  ×bagian 4 dari muta'alak ismi aam muakhor إسم عامّ مؤخر محذوف
بسم اللّه الرحمن الرحيم إبتِدَاءي حاصل به بداءة قوية بحسن نية وإخلاص 
 
• Anapon باء harap jar jaidah/panambah tidak mempunyai muta'alaq dan hukum 
, sedangkan lapad اسم tidak jadi majrur  sebalikny menjadi mubtada (awal kalam) yang mana khobarnya di buang 

بسم اللّه مبدؤ به الرحمن الرحيم

  #Para alim ulama ahli nahwu khususnya ulama basroh بصرة dan kupah كوفة sepakat harap باء yng ada di dalam kalimah بسملة mempunya muta'alaq  


  •Sekarang bagian membahas kalimah الرحمن الرحيم
 Menurut para ulama ahli nahwu kalimah الرحمن الرحيم bisa di i'iroban 7 wajah , yang 1 bisa di i'roban dan bisa di baca, dan yng 6 bisa di i'iroban saja  
 
 • 1. bisa di i'rob dan di baca sprti 
 بِسمِ اللَّه الرَّحمٰنِ الرّحِيم 
الرحمن الرحيم di baca je'er jadi sipat dari lapad اللّٰهِ

•2. bisa di i'iroban saja sprti 
بِسمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنُ الرّحِيمُ
الرحمن الرحيم di baca ropa jadi khobar 2 dari mubtada yng di buwang تقديره (هو)

•3.bisa di i'roban saja sprti
بِسمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنَ الرَّحِيمَ
الرحمن الرحيم di baca nasob jadi mapul biih dari pi'il dan pail yng di buang  تقديره (أمدح)

•4.bisa di i'iroban saja sprti 
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيمُ
الرحمن di baca nasob jadi mapul biih dari pi'il dan pail yng di buang taqdirnya أمدح , sedangkan الرحيم di baca ropa jadi khobar dari mubtada yng di buang taqdirnya هو

•5.bisa di i'iroban saja sprti 
بِسمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنُ الرّحيمَ
الرحمن di baca ropa jadi khobar dari mubtada yng di buang , الرحيم di baca nasob jadi mapul biih dari pi'il dan pail yng di buang 

•6.bisa di i'irob saja sprti 
بسم الله الرَّحمٰنِ الرَّحِيمَ
الرحمن di baca je'er jadi sipat dari lapad allah ,الرحيم di baca nasob jadi mapul biih dari piil dan pail yng di buang

•7.bisa di i'iroban sprti 
 بسم اللّه للرّحمٰنِ الرّحِيمُ
 الرحمن jadi sipat dari lapad allah الرحيم jadi khobar dari mubtada yng di buang 

#Sedangkan lapad الرحيم di baca je'er/hopad sesudah ropa/nasobny lapad الرحمن hukumnya tidak bisa di i'roban di karnakan ilangnya ke manutan 

 الرحمن للرحيم كل منهما إما مخفوض أو مرفوع أو منصوب أو الاول مخفوض والثاني منصوب أو مرفوع أو الاول مرفوع والثاني منصوب أو العكس فهذه سبعة أوجه فالخفض علي التبعية والنعت للّه والرفع علي الخبرية لمبتداء محذوف والنصب علي المفعولية محذوف وكل من المبتداء والفعل  لا يظهر لقول الناظم

ورفع أو انصب إن قطعت مضمرا # مبتداء أو ناصبا لن يظهرا

وتقدير المدرسين المبتداء بهو والفعل بأمدح ونحوهما لأجل أن يفهم الطالب

أما الخفض الرحيم علي التبعية لله بعد رفع الرحمن أو نصبه فممنوع كما قال الناظم

ان ينصب الرحمن أو يرتفعا # فالخفض في الرحيم قطعا منعا
  
واللّه أعلم بالصواب


 #KETERANGAN DARI KITAB 

حمد شرح ألفيّة

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PASAL 26 : SYARAT SAH MEMBACA AL-FATIHAH

 Assalamualaikum wr.wb فصل : شروط الفاتحة عشرة  الترتيب والموالاة ومراعاة حروفها ومراعاة تشديداتها وأن لا يسكت سكتة طويلة ولا قصيرة يقصد بها قطع القراءة وقراءة كلّ آياتها ومنها البسملة وعدم اللحن المخل بالمعنى وأن تكون حالة القيام في الفرض وأن يسمع نفسه القراءة وأن لا يتخللها ذكر أجنبي • Syarat-syarat yang wajib ketika sedang membaca surat al-fatihah  agar tidak membatalkan sholat  1. Harus tartib dalam artian membaca surat al-fatihah tidak boleh di anjlok  bagaimana semisalkan tidak tertib? mangka wajib harus mengulangi baca'an surat al-fatihah nya  2. membacanya  Trus-trusan tidak boleh  terhenti oleh kalimah-kalimah selain bacaan al-fatihah  bagaimana membacakan kalimah الحمد لله  ketika sedang bersin ? sah-sah saja asal harus di sertai dengan niat dzikir  3/4. Huruf-huruf hija iya dan tasdid yang ada di surat al-fatihah harus terbaca dengan jelas  dalam artian tidak boleh samar membaca mahorijul huruf dsan tasdid ny 5. Jang...

Tata cara membersihkan najis مغلظة، مخففة،متوسطة (mugoladoh,muhopapah,mutawasitoh)

 Assalamualaikum wr.wb  ibtidaiyaah.blogspot.com---Diantara najis-najis yang harus kita perhatikan/bersihkan ya itu najis mugolladoh,muhopapah,mutawasitoh . berikut penjelasan tentang membersihkan 3 najis itu 1. Najis mugoladoh ( air liur ,kotoran air kenciing anjing dan babi ,semua badan anjing dan babi dikala basah) Cara membersihkanya   •buang dulu kotoran anjing/babi semisalkan najisnya kotoran bagaimana kalo bukan kotoran babi/anjing semisalkan air kencing ataw memegang anjing/babi yng basah ? jawab:langsung saja kita membilasnya  • 7× membilas dengan air yang suci tur mensucikan  •salah satu bilasanya harus di campuri dengan tanah yng suci tur mensucikan 2. Najis muhopapah (air kencing bayi yng masih di susui/tidak memakan apapun kecuali air susu ibunya ) Cara membersihkanya  •cukup kita memercikan air ke tempat air kencing bayinya  3. Najis mutawasitoh (kotoran mahluk dll.) NAJIS MUTAWASITOH TERBAGI MENJADI 2   1.عينية (ainiyah najis y...