ينبغي لكلّ شارع في فنّ أن يتصوّره و يعرفه قبل الشروع فيه ليكون علي بصيرة فيه ويحصل التصوره بمعرفة المبادى عشرة
Assalamualaikum wr.wb
ibtidaiyaa.blogspot.com Perlu di ketahui kepada santri² khusunya bagi pemula yng mau belajar pan ilmu nahwu wajib mengetahui mabadi asaroh مبادى عشرة sebagai mana dalam nadhom kitab ajjurumiyah الجروميّة
إنّ مبادى كلّ فنّ عشرة # الحدّ والموضوع ثمّ ثمره
وفضله ونسبة والواضع # والاسم والأستمداده حكم الشارع
مساءل والبعض بالبعض اكتفى # ومن درى الجميع حاز الشرفا
1. KHAD(definisi)
definisi ilmu nahwu mempelajari beberapa kaidah yang dapat di gunakan untuk mengetahui berbagai hukum kondisi akhir kata bahasa arab yang tersusun dalam suatu kalimah ,baik dalam segi irobanya maupun dalam binanya
2.maudhu (pembahasan)
pembahasan dari ilmu nahwu adalah kata berbahasa arab dan pembahasanya berkaitan dengan irob dan bina
3.samroh (hasilnya)
hasilnya dari ilmu nahwu bisa mencegah lisan dari kekeliruan dalam bahasa arab , memahami hadis dann al-quran
4.nisbat
penisbatan ilmu nahwu dan ilmu yang lainya itu التباين berbeda
5.fadhlu (keutamaan)
keutamaan ilmu nahwu adalah mulyanya paidah
6.wadhu ( pembuat)
pembuat/pencetus ilmu nahwu adalah imam abu as-wad ad-du'aliy yang di utus oleh sayyidina ali karromahu wajhah
7.ismi (nama)
nama ilmu nahwu itu ada 2
1.ilmu irob
2.qowaidul irobi dll
8.istimdad (rujukan)
ada 3 rujukan penting dalam ilmu nahwu
1.al-quran
2.hadis
3.perkataan fasih dari orng arab
9.hukmu
hukumnya ngaji ilmu nahwu itu pardu kipayah bagi setiap kampung, akan tetapi bisa jadi pardu a'in/wajib apabila mau mengaji ilmu tapsir dan hadis
10.masalah
permasalah ilmu mahwu itu banyak sekali salah satunya pi'il pail ,mudtada khobar dll
•Sesudah membahas pan ilmunya kita lanjut membahas kalmiah بسملة
باء yng ada di dalam kalimah بسم menurut ilmu nahwu bisa dikatakan باء harap jar asliyah (أصلية) bisa باء harap jar jaidah (زاءدة)
Sedangkan kalo kita mau mengambil باء harap jar asliyah أصلية mangka mempunyai muta'alaq/Perkaitan yang mana muta'alaq باء yng ada di kalimah بسم mempunyai 8 wajah , 8 wajah dibagi menjadi 2 bagian ,sebagian muta'alak masuk ke pi'il , sebagian lagi muta'alaknya masuk ke isim
sebagai mana dalam nadhom
وكلّ حروف الجرّ بالفعل علّقت # أو إسم كشبه الفعل حيث تنزلا
•Bagian 1 muta'alak masuk ke pi'il yang di bagi menjadi 4,
×bagian 1 dari muta'alaq pi'il khos muqodam فعل خاص مقدم محذوفsprti
أُؤَلِّفُ مؤلّفة قوية بحسن نيّة وإخلاص بسم الله الخ
×bagian 2 dari muta'alaq pi'il aam muqoddam فعل عام مقدم محذوفseprti
أَبتَدئُ بداءة قوية بحسن نية وإخلاص بسم الله الخ
×bagian 3 dari muta'alaq pi'il khos muakhor فعل خاص مؤخر محذوف
بسم اللّه الرّحمن الرّحيم أُؤَلّفُ مؤلفةً قوية بحسن نيّة وإخلاص
×Bagian 4 dari muta'alaq pi'il aam muakhor فعل عامّ مؤخّر محذوف
بسم الله الرحمن الرحيم أبتدئُ بداءة قوية بحسن نية وإخلاص
•Sekarang bagian ke 2 muta'alaq masuk ke ismi yng di bagi menjadi 4
×bagian 1 dari muta'alaq ismi khos muqoddam إسم خاصّ مقدّم محذوف
تألِيفِي حاصلٌ به مؤلفةً قوية بحسن نية وإخلاص بسم اللّه الرحمن الرحيم
×bagian 2 dari muta'alak ismi aam muqoddam إسم مقدّم عام محذوف
إبتدَاءِي حاصل به بُدَاءة قوية بحسن نية وإخلاص بسم اللّه الرحمن الرحيم
×bagian 3 dari muta'alak ismi khos muakhor إسم خاصّ مُؤَخر محذوف
بسم اللّه الرّحمن الرّحيم تَألِيفِي حاصل به مؤلفة قوية بحسن نية وإخلاض
×bagian 4 dari muta'alak ismi aam muakhor إسم عامّ مؤخر محذوف
بسم اللّه الرحمن الرحيم إبتِدَاءي حاصل به بداءة قوية بحسن نية وإخلاص
• Anapon باء harap jar jaidah/panambah tidak mempunyai muta'alaq dan hukum
, sedangkan lapad اسم tidak jadi majrur sebalikny menjadi mubtada (awal kalam) yang mana khobarnya di buang
بسم اللّه مبدؤ به الرحمن الرحيم
#Para alim ulama ahli nahwu khususnya ulama basroh بصرة dan kupah كوفة sepakat harap باء yng ada di dalam kalimah بسملة mempunya muta'alaq
•Sekarang bagian membahas kalimah الرحمن الرحيم
Menurut para ulama ahli nahwu kalimah الرحمن الرحيم bisa di i'iroban 7 wajah , yang 1 bisa di i'roban dan bisa di baca, dan yng 6 bisa di i'iroban saja
• 1. bisa di i'rob dan di baca sprti
بِسمِ اللَّه الرَّحمٰنِ الرّحِيم
الرحمن الرحيم di baca je'er jadi sipat dari lapad اللّٰهِ
•2. bisa di i'iroban saja sprti
بِسمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنُ الرّحِيمُ
الرحمن الرحيم di baca ropa jadi khobar 2 dari mubtada yng di buwang تقديره (هو)
•3.bisa di i'roban saja sprti
بِسمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنَ الرَّحِيمَ
الرحمن الرحيم di baca nasob jadi mapul biih dari pi'il dan pail yng di buang تقديره (أمدح)
•4.bisa di i'iroban saja sprti
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنَ الرَّحِيمُ
الرحمن di baca nasob jadi mapul biih dari pi'il dan pail yng di buang taqdirnya أمدح , sedangkan الرحيم di baca ropa jadi khobar dari mubtada yng di buang taqdirnya هو
•5.bisa di i'iroban saja sprti
بِسمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنُ الرّحيمَ
الرحمن di baca ropa jadi khobar dari mubtada yng di buang , الرحيم di baca nasob jadi mapul biih dari pi'il dan pail yng di buang
•6.bisa di i'irob saja sprti
بسم الله الرَّحمٰنِ الرَّحِيمَ
الرحمن di baca je'er jadi sipat dari lapad allah ,الرحيم di baca nasob jadi mapul biih dari piil dan pail yng di buang
•7.bisa di i'iroban sprti
بسم اللّه للرّحمٰنِ الرّحِيمُ
الرحمن jadi sipat dari lapad allah الرحيم jadi khobar dari mubtada yng di buang
#Sedangkan lapad الرحيم di baca je'er/hopad sesudah ropa/nasobny lapad الرحمن hukumnya tidak bisa di i'roban di karnakan ilangnya ke manutan
الرحمن للرحيم كل منهما إما مخفوض أو مرفوع أو منصوب أو الاول مخفوض والثاني منصوب أو مرفوع أو الاول مرفوع والثاني منصوب أو العكس فهذه سبعة أوجه فالخفض علي التبعية والنعت للّه والرفع علي الخبرية لمبتداء محذوف والنصب علي المفعولية محذوف وكل من المبتداء والفعل لا يظهر لقول الناظم
ورفع أو انصب إن قطعت مضمرا # مبتداء أو ناصبا لن يظهرا
وتقدير المدرسين المبتداء بهو والفعل بأمدح ونحوهما لأجل أن يفهم الطالب
أما الخفض الرحيم علي التبعية لله بعد رفع الرحمن أو نصبه فممنوع كما قال الناظم
ان ينصب الرحمن أو يرتفعا # فالخفض في الرحيم قطعا منعا
واللّه أعلم بالصواب
#KETERANGAN DARI KITAB
حمد شرح ألفيّة
Sayang membatu
ReplyDeleteMembantu ku 😉
ReplyDeleteMenabah wawasan,, trimakasih banyak ibtidaiyaah
ReplyDeleteTerima berkembang lagi mas, jangan lupa trus blajar hehehe
ReplyDeleteSemangat untuk terus berkembang
ReplyDeleteSemangat untuk trus berbbagi ilmunya , jangan lupa sholatnya
ReplyDeleteAlhamdulillah
ReplyDelete